Pelajaran desain grafis untuk kamu yang ingin sekolah jurusan Desain Grafis

Halo Desain Mania. bagi kalian yang penasaran tentang apa saja sih pelajaran yang akan kita pelajari ketika masuk sekolah desain grafis. Kali ini Desain Dua Dua akan memberikan sedikit info tentang apa saja pelajaran yang akan kamu pelajari jika ingin masuk sekolah desain grafis. Cekidot.







1. Design Fundamentals

Pertama, sudah pasti kamu akan belajar dasar-dasar desain grafis, seperti elemen dan prinsip desain. Mempelajari elemen desain, seperti titik, garis, bentuk, tekstur, ruang, dan warna menjadi materi pertama yang akan kamu temui. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang prinsip desain  seperti keseimbangan (balance), kesatuan (unity), ritme, penekanan (emphasis), proporsi, kontras, repitisi, dan unity (kesatuan). Mengapa seorang desainer grafis perlu mempelajari dasar-dasar dalam desain grafis? Tujuannya, agar mampu merancang suatu desain yang berkualitas, menarik dan berguna untuk memvisualisasikan ide atau memecahkan masalah tertentu.


2. Fotografi

Jangan heran dulu, fotografi juga diperlukan dalam desain grafis. Di sini kamu akan belajar seputar pemahaman teknis fotografi sebagai medium komunikasi visual melalui praktik di lapangan. Kamu akan berlatih menggunakan teknik-teknik fotografi, montage, komposisi, dan pencahayaan.


3. Creative Drawing

Belajar desain grafis pasti nggak lepas dari yang namanya menggambar. Oleh karena itu, diperlukan belajar creative drawing agar kalian nggak hanya sekadar bisa menggambar, tapi dapat menciptakan gambar yang kreatif dan menarik. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan teknik, cara dan proses menggambar yang mencakup perspektif, light and shadow, mengarsir, construction of form, space and proportion, dan figure.


4. Tipografi

Kalian akan belajar tentang tipografi, meliputi keterampilan dasar dalam jenis gaya dan font yang digunakan dalam teks dan logo, pemahaman dasar tentang bagaimana detail visual dapat dirasakan oleh audiens, macam-macam tipografi, sejarah tipografi, kombinasi tipografi, klasifikasi tipografi dan masih banyak lagi.


5. Art & Design History

Belajar dasar-dasar desain grafis, tipografi, teknik dan proses menggambar sudah kamu dapatkan. Lantas, ada satu hal yang nggak boleh ketinggalan. Yups! selain menguasai teknik dan prosesnya. Kamu juga harus tahu bagaimana sejarah perkembangan seni dimulai dari peradaban pra modern, inovasi teknologi, gerakan seni rupa, dan seniman-seniman yang mempengaruhi desain grafis saat ini. Kalau kamu belajar desain di IDS, kamu akan dibekali dengan pengetahuan sejarah dan konteks seni rupa sehingga nantinya dapat menempatkan desain dalam konteksnya.


Komentar

Postingan Populer